Sabtu, 04 Oktober 2014

Gerakan Sholat 6


  Duduk Antara Dua Sujud

 

Allahu Akbar
Artinya :
Allah Maha Besar


Allahummaghfirlii warhamnii wa’aafinii Wahdinii warzuqnii [1]
Artinya :
Ya Allah, ampunilah aku, sayangilah aku, selamatkanlah aku, bimbinglah aku, dan berkanilah aku rizqi


Atau dapat juga membaca :
Robbighfirlii 2x [2]

Artinya :
Ya Allah ya Tuhanku, ampunilah aku

Abu Humaid meriwayatkan tentang sholat Nabi disebutkan, “Nabi sholallahu ‘alaihi wasalam menghamparkan kaki kirinya dan mendudukinya, kemudian duduk tegak hingga setiap tulang menempati posisinya. Setelah itu menunduk sujud”. (HR. Ahmad dan Abu Daud).

 Sujud Ke Dua
Allahu Akbar 
Subkhaana robbiyal a’la wa bikhamdih3x
Artinya :
Allah Maha Besar
Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi dengan segala puji[3]
Abu Humaid meriwayatkan bahwa ketika sujud, Nabi sholallahu ‘alaihi wasalam menyentuhkan hidung dan keningnya ke lantai, merenggangkan dua tangannya dari tubuh, dan meletakkan dua telapak tangannya sejajar dengan pundak (HR. Khuzaimah dan Tirmidzi).

Dari Ashim bin Khulaib, dari ayahnya, dari Wa’il bin Hujr, dia berkata “Aku melihat Rosulullah sholallahu ‘alaihi wassalam  apabila sujud meletakkan kedua lututnya sebelum kedua tangannya, dan apabila bangkit mengangkat kedua tangangnya sebelum lututnya (HR. Abu Dawua, Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Majah).
 


[1] Abu Dawud juga meriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu bahwa ketika duduk antara dua sujud. Nabi Salallahu ‘alaihi wasalam, berdo’a, “Allahummaghfirlii warkhamnii wa’aafinii Wahdinii warzuqnii”
[2]  nasa’i dan Ibnu Majah meriwayatkan  dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu, bahwa ketika duduk diantara dua sujud, Nabi berdo’a, “Robbighfirlii”
[3] Mengenai lamanya ruku’ dan sujud, Anas rodhiyallahu ‘anhu berkata, “Aku tidak melihat yang shalatnya paling mirip dengan Rosulullah sholallahu ‘alaihi wasalam selain anak ini, yakni Umar bin Abdul Aziz. Ia membersihkan batasan kepada kami ketika ruku’ dengan sepuluh tasbih dan ketika sujud sepuluh tasbih.” (HR. Ahmad, abu Dawud dan Nasa’i dengan sanad yang baik).
 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar