Senin, 09 Juni 2014

Contoh DCM


DAFTAR CEK MASALAH (DCM)


PETUNJUK:
1.       Mohon lembaran ini tidak dicorat-coret
2.       Dibawah ini ada bermacam–macam masalah, Bila masalah-masalah tersebut pernah atau sedang anda hadapi, tulislah   nomer item / pernyatannya pada lembar jawaban.
3.       Kerjakanlah dengan sejujur-jujurnya, anda tidak perlu merasa khawatir. Jawaban anda akan membantu kami dalam memecahkan masalah yang anda hadapi.
4.       Jawaban yang anda berikan sama sekali tidak ada hubungannya dengan nilai mata pelajaran di sekolah.
5.       Jawaban yang anda berikan akan dijamin kerahasiaannya.

 A.     KESEHATAN

1.      Serinng sakit saat SD, SMP
2.      Jantung sering terasa berdebar-debar
3.      Berkeringat dingin saat tidur
4.      Pernah dioprasi
5.      Merasa terlalu gemuk
6.      Kurang nafsu makan
7.      Memiliki gangguan tidur
8.      Sering merasa lelah
9.      Makanan yang selalu saya makan kurang memenuhi syarat-syarat kesehatan
10.  Sering merasa mengantuk
11.  Penglihatan saya kurang
12.  Pendengaran saya kurang
13.  Saya sering pusing
14.  Berat badan saya terus berkurang atau bertambah
15.  Badan saya terlalu tinggi atau terlalu pendek

B.     KEUANGAN/EKONOMI

16.  Uang saku saya tidak mencukupi
17.  Kekurangan buku karena tidak mampu membeli
18.  Ayah sudah mennggal dan ibu tidak bekerja
19.  Saya terpaksa bekerja karena ekonomi tidak cukup
20.  Banyak adik yang menjadi tangggungan orang tua
21.  Saya sering meminjam uang teman
22.  Saya tidak akan melanjutkan sekolah karena tidak ada biaya
23.  Selalu berjalan kaki ke sekolah meskipun sekolah jauh
24.  Orang tua tidk memiliki pekerjaan tetap
25.  Tidak punya uang untuk mengganti seragam
26.  Saya berharap mendapatkan biaya
27.  Saya ingin bekerja sambilan
28.  Saya terlalu boros untuk hal yang tidak penting
29.  Saya sudah tidak memiliki orang tua
30.  Saya masih harus menanggung adik-adik saya


C.     KEHIDUPAN SOSIAL
31.  Tidak senang bermain dalam kelompok/group
32.  Saya kesulitan dalam mencari teman
33.  Saya sulit dalam bergaul
34.  Banyak teman yang menjauhi saya
35.  Saya selalu dibully oleh teman-teman

D.     HUBUNGAN PRIBADI
36.  Tidak suka bergaul dengan orang yang statusnya lebih rendah
37.  Tidak suka bergaul dengan orang yang statusnya lebih tinggi
38.  Sering merasa malu jika bergaul dengan lawan jenis
39.  Tidak suka jika teman lawan jenis main ke rumah
40.  Merasa harga diri berkurang
41.  Sering merasa curiga pada orang lain
42.  Bersikap tidak toleran dan kaku terhadap orang lain
43.  Bersikap dingin dengan lawan jenis
44.  Sering menyesali perilaku diri sendiri
45.  Sering merasa ingin bunuh diri
46.  Sering merasa tidak berguna
47.  Merasa tidak memiliki harapan/pesimis
48.  Ingin selalu tampil menonjol
49.  Ingin selalu dikagumi orang lain
50.  Merasa selalu paling benar

E.     KEHIDUPAN KElUARGA
51.  Saya seorang anak tunggal
52.   Saya tidak hidup bersama orang tua
53.  Saya selalu bertengkar dengan saudara-saudara saya
54.  Ayah dan ibu selalu pulang malam
55.  Ayah dan ibu selalu bertengkar
56.  Jarang sekali bersama dengan ayah dan ibu
57.  Orang tua kurang memperhatikan saya
58.  Orang tua terlalu sibuk
59.  Saya belum merasa nyaman dengan ayah dan ibu
60.  Saya kurang betah jika di tumaha
61.  Saya ingin ada perubahan di rumah
62.  Ayah dan ibu tidak hidup bersama
63.  Saya memiliki ayah/ibu tiri
64.  Orang tua saya membeda-bedakan kasih saying
65.  Keluarga saya kurang disenangi tetangga

F.      MASALAH BELAJAR
66.  Saya lebih mudah menerima pelajaran dengan hanya mendengar
67.  Saya lebih mudah belajar jika menggunakan video, slide
68.  Keluarga saya tidak mendukung pendidikan saya
69.  Saya kurang merasa nyaman jika belajar di rumah
70.  Saya sering mengikuti remidi
71.  Saya jarang belajar
72.  Saya belajar jika ujian saja
73.  Saya tidak memiliki fasilitas untuk belajar di rumah
74.  Nilai raport saya selalu rendah
75.  Saya tidak pernah mencatat
76.  Saya sulit menangkap pelajaran di kelas
77.  Saya tidak memiliki jam belajar di rumah
78.  Nilai saya rendah hanya pada beberapa mata pelajaran saja
79.  Saya tidak memiliki semangat belajar
80.  Saya ingin memperbaiki nilai raport saya
81.  Saya sering terlambat menyelesaikan tugas
82.  Saya terpaksa mengikuti pelajaran
83.  Saya tidak percaya diri jika maju di depan kelas
84.  Saya gugup jika di depan kelas
85.  Saya tidak suka jika diminta maju di depan kelas


G.    PENYESUAIAN DI SEKOLAH
86.   Saya sering membolos
87.  Keadaan sekolah tidak sesuai dengan keinginan saya
88.  Saya ingin pindah kelas
89.  Saya ingin pindah sekolah
90.  Peraturan sekolah terlalu ketat
91.  Sering kurang konsentrasi saat di sekolah
92.  Saya sering datang terlambat
93.  Saya sering melamun di sekolah
94.  Saya  sering absen
95.  Saya merasa dibenci oleh teman-teman di sekolah
96.  Seorang teman selalu menjengkelkan saya
97.  Tidak ada teman yang disukai untuk belajar bersama
98.  Sekolah kurang disiplin
99.  Hubungan dengan guru kurang akrab
100. Banyak guru yang tidak menyenangkan
101. Merasa diperlakukan tidak adil oleh guru
102. Guru sering tidak masuk kelas

H.    MASA DEPAN DAN CITA_CITA
103. Saya tidak tahu apa yang dilakukan setelah tamat sekolah
104. Saya ingin melanjutkan sekolah sambil belajar
105. Saya belum memiliki gambaran masa depan
106. Saya tidak ingin melanjutkan sekolah
107. Saya tidak tahu akan melanjutkan pendidikan dimana
108. Saya khawatir tidak diterima di universitas negeri
109. Saya ingin mengetahui minat dan bakat saya
110. Cita-cita saya tidak sesuai dengan kemampuan yang saya miliki
111. Saya tidak yakin ddengan cita-cita saya
112. Saya belum memiliki cita-cita yang jelas
113. Orang tua tidak meyetujui cita-cita saya
114. Orang tua tidak mendukung cita-cita saya
115. Saya mudah terpengaruh dengan cita-cita orang lain

I.       AGAMA DAN MORAL
116. Saya masih eragukan adanya Tuhan
117. Tidak bersungguh-sungguh dalam beribadah
118. Saya tidak pernah menjalankan kewajiban saya dalam beragama
119. Saya malas bersembahyang
120. Saya ingin pindah agama
121. Saya sering berdusta
122. Saya sering berkata kasar
123. Sering mengolok-olok
124. Saya tidak menyadari diri sebagai makhluk Tuhan
125. Saya merasa tidak berkewajiban untuk menyembah Tuhan
126. Sering merasa berdosa
127. Saya mudah marah
128. Saya tidak suka berbicara tentang agama
129. Anggota keluarga tidak seagama
130. Orang tua kurang mendukung dalam hal agama






LEMBAR JAWABAN
DAFTAR CEK MASALAH

Nama                           :
Jenis Kelamin              :
No. Induk                   :
Kelas                           :
Tanggal Pengisian       :


Langkah  :
Bacalah degan seksama pernyataan-pernyataan permasalahan yang terdapat dalam Daftar Cek Masalah dan tandailah masalah yang menjadi keluhan dan mengganggu Anda pada saat sekarang, dengan cara mengisikan tanda cek (√) pada pada lembar jawaban ini:



A. Kesehatan
NO
YA
TIDAK
1


2


3


4


5


6


7


8


9


10


11


12


13


14


15


Tidak ada komentar:

Posting Komentar