Sabtu, 30 Agustus 2014

KESUKSESAN


Sering kali kita mendengar cerita tentang keberhasilan orang-orang disekitar kita. Sebagai sesame muslim kita seharusnya menjadikan cerita tersebut menjadi motivasi tersendiri untuk menjadi sukses pula. Jangan samapi kesuksesan orang lain membuat kita iri dan dengki. Karena hal tersebut hanya akan memperberat langkah kita untuk mengejar kesuktang kesusesan.

            Berbicara tentang kesuksesan maka ada dua hal penting yang saling berkaitan. Jika kita melihat keduanya semoga hal tersebut akan lebih memotivasi kita. Dua hal tersebut adalah sudut pandang kesuksesan itu sendiri yaitu kesuksesan dunia dan kesuksesan akhirat. Kesuksesan dunia adalah kesuksesan yang rata-rata dimiliki oleh semua orang karena kerja keras dan kuatnya tekad untuk mendapatkannya. Bagi seorang muslim kesuksesan dunia merupakan keberkahan dari apa yang telah kita lakukan. Selama kita melakukan kerja-kerja dalam koridor yang benar maka tunggulah  efek samping yang akan kita terima yaitu berupa kesuksesan dunia yag dikaruniakan Allah Ta’ala. Ketika kita meihat kesuksesan orang lain coba lihatlah dibalik kesuksesannya pasti ada amalan yang spesial yang membawanya pada  keberhasilan. Mungkin karena sholatnya, taatnya pada orang tua terutama ibu,, sedekahnya atau yang lainnya.
            Sedangkan kesuksesan akhirat merupakan buah dari amal ibadah kita yang akan kita terima kelak. Kesuksesan ini seringkai kita lupakan karena pandangan kita hanya tertuju pada dunia saja atau yang nampak saja sehingga kita serig kali lupa untuk bersyukur. Terkadang kita merasa belum sukses dengan apa yang telah kita lakukan didunia. Namun coba lihatlah kehidupan kita mendatang, lihat lagi tujuan hidup kita bahwa kita tidak hanya terikat pada kehidupan dunia semata. Kesuksesan akhirat merupakan kesuksesan yang diinginkan setiap muslim dimana dapat bertemu dengan Robbul ‘alamin kelak. Dimana kita kelak dapat berdampingan dengan para rosul, sahabat, syuhada dan orang-orang mulia lainnya. Kesuksesan ini menuntut kita untuk senantiasa menjaga keihklasan, senantiasa bersyukur, menyibukkan diri dengan amalan Al Qur’an, membersihkan hati dari iri, dengki, benci, dll.
Lalu apa yang menjadi kunci dari kesuksesan kita baik itu di dunia dan di akhirat? Dan kunci kesuksesan itu hanya satu yaitu KEISTIQOMAHAN. Keistiqomahan untuk menjaga amal ibadah kita. Menjaga agar target-target ibadah yaiumiah kita (sholat, tilawah, hafalan, dll) tercapai setiap harinya. Selanjutnya adalah keistiqomahan dalam kerja-kerja kita, yaitu bagaimana kita tetap terus berusaha mengejar cita-cita kita samapai pada batas kemampuan kita. Selain itu adalah keistiqomahan kita dalam do’a. Selama kita menjaga amal yaumiyah kita, terus berusaha dan bekerja, dan terus berd’a kepada Allah, maka sesungguhnya Allah pasti akan melihat dan menilainya dan sesungguhnya Allah malu bila tidak mengabulkan permohonan hambaNya yang terus meminta-minta. Dan saudaraku, semoga kita termasuk orang-orang yang mendapatkan kesuksesan akhirat dan kesuksesan dunia. Amiin.. Allahu a’lam bishowab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar