Selasa, 02 September 2014

GERAKAN SHOLAT 5

I'tidal dan Sujud


Sami’allahu liman hamidah[1]
Robbana walakal hamdu

Artinya :
Allah mendengar orang yang memujiNya
Ya Tuhan kami, bagiMulah segala puji


Sujud


Allahu Akbar
Subhaana robbiyal a’la wa bihamdih3x

Artinya :
Allah Maha Besar
Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi dengan segala puji[2]

Abu Humaid meriwayatkan bahwa ketika sujud, Nabi sholallahu ‘alaihi wasalam menyentuhkan hidung dan keningnya ke lantai, merenggangkan dua tangannya dari tubuh, dan meletakkan dua telapak tangannya sejajar dengan pundak (HR. Khuzaimah dan Tirmidzi).

Dari Abbas bin Abdul Mutholib meriwayatkan, bahwa dia telah mendengar Rosulullah Sholallahu ‘alaihi wasalam bersabda, “apabila seorang hamba sujud, maka tujuh anggota tubuh ikut sujud yaitu wajahnya, dua telapak tangannya, dua lututnya, dan dua telapak kakinya” (H.R Jama’ah, kecuali bukhari).

[1] Mengenai lamanya ruku’ dan sujud Anas rodhiyallahu ‘anhu berkata, “Aku tidak melihat yang shalatnya paling mirip dengan Rosulullah sholallahu ‘alaihi wasalam selain anak ini, yakni Umar bin Abdul Aziz. Ia membersihkan batasan kepada kami ketika ruku’ dengan sepuluh tasbih dan ketika sujud sepuluh tasbih.” (HR. Ahmad, abu Dawud dan Nasa’i dengan sanad yang baik). Jadi lamanya Rosulullah sholallahu ‘alaihi wasalam ruku’ adalah sama dengan lamanya seseorang ketika membaca sepuluh tasbih.



[2] Dari Anas radhiyallahu ‘anhu berkata, “Apabila imam membaca “sami’allaahu liman hamidah” , maka ucapkanlah “Allaahumma robbanaa walakal hamdu”. (HR. Bukhari), berdasarkan hadits ini sejumlah ulama berpendapat bahwa ketika makmum mendengar imam membaca “sami’allaahu liman hamidah” , makmum tidak perlu membacanya lagi
</

Tidak ada komentar:

Posting Komentar