Selasa, 02 September 2014

GERAKAN SHOLAT 2



DO'A IFTITAH 
Kamal bin Hammam mengatakan, “ Tidak ada hadits shohih yang mewajibkan meletakkan kedua  tangan di bawah dada atau di bawah pusar”

Kalangan Hanafi :  meletakan tangan di bawah pusar
Kalangan Syafi’i : meletakkan tangan di bawah dada
Dan Rosulullah sholallahu ‘alaihi wasalam meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri.

Do'a Iftitah


 

Allahumma baa’id bainii wa bainaa khotooyaaya kamaa ba ’adta bainal masyriki wal maghrib. Allaahumma naqqinii min khothooyaaya kamaa yunaqqots tsaubul abyadhu minad danas. Allahummaghsilnii min khotooyaaya bil maai wats tsalji wal barod[1].

Artinya :
Ya Allah jauhkanlah aku diantara dosa-dosaku, sebagaimana Engkau telah menjauhkan antara timur dengan barat.Ya Allah bersihkanlah aku dari dosa-dosaku, sebagaimana bersihnya kain putih dari kotoran.
Ya Allah sucikanlah aku dari dosa-dosaku dengan air, salju, dan angin.

Atau juga dapat membaca :





Allahu Akbar kabira walhamdu lillahi katsira wasubhanallahhi bukratau waasila. Wajjahtu wajhia lillazi fathoros samaawaati wal ardha hanifam muslimaw wamaa ana minal musyrikin. Inna sholaati wanusuki wamahyaaya wamamaati lillahi rabbil'alamin. La syarikalahu wabiza lika umirtu wa ana minal muslimin.

Artinya
Allah Maha Besar sebesar-besarnya. Dan puji-pujian bagi Allah sebanyak-banyaknya. Dan maha suci Allah siang dan malam. Kuhadapkan mukaku, kepada yang menjadikan langit dan bumi, aku cenderung lagi berserah kepada Allah dan bukanlah aku dari golongan orang-orang yang menyekutukan Allah. Sesungguhnya sembahyangku, ibada
hku, hidupku dan matiku kuserahkan hanya pada Allah Tuhan sekelian alam. Sekali-kali tidaklah aku menyekutukanNya . Dan dengan demikian aku ditugaskan, dan aku adalah dari golongan orang-orang Muslim (Islam).
 


[1]  Dari Abu Hurairah rodhiyallahu ‘anhu  dia berkata, “Biasanya Rosulullah diam sejenak sebelum membaca (Al Fatihah). Maka aku berkata, “Wahai Rosulullah, ayah dan ibuku sebagai tebusan bagimu, aku memperhatikan diam mu diantara takbir dan bacaan, apakah gerangan yang engkau baca?” maka belia sholallahu ,alaihi wasalam menyebutkan seperti di atas... (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan An Nasa’i)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar