Selasa, 02 September 2014

GERAKAN SHOLAT 3


Membaca Al Fatihah dan Surat Pendek

A'uzubillaahi minassyaithoonir rajiim
Artinya :
Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk

Bismillaahirrohmaanirrohiim
Alhamdulilalahi robbil 'aalamiin. Arrohmaanir rohiim. Maaliki yaumiddin. Iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'in. Ihdinasshiroothol mustaqiim. Shiroothol ladziina an'amta 'alaihim ghoiril maghduubi 'alaihim waladdhooolliin.
Amin[1]
 
artinya:  
Dengan nama Allah yang maha pemurah lagi maha mengasihani.
Segala puji-pujian bagi Allah Tuhan sekelian alam. Yang Maha Pemurah lagi Maha Pengasih. Yang berkuasa pada hari pembalasan. Hanya Engkaulah wahai Tuhan yang kami sembah dan hanya Engkaulah tempat kami meminta pertolongan. Tunjukanlah kami jalan yang lurus. Yaitu jalan orang-orang terdahulu yang telah Engkau berikan nikmat, bukan jalan orang-orang yang Engkau murkai dan bukan pula jalan orang-orang yang sesat.


Dalam melaksanakan sholat biasanya Rosulullah sholallahu ‘alaihi wasalam memanjangkan rokaat pertama daripada rokaat kedua, baik pada sholat shubuh ataupun sholat-sholat yang lainnya. Umumnya Rosulullah sholallanhu ‘alaihi wasalam lebih memanjangkan sholat shubuh dibandingkan sholat yang lain.Dan Rosulullah  sholallahu ‘alaihi wasalam lebih suka memanjangkan sholat shubuh sebab, bahwa sholat shubuh disaksikan oleh Allah dan para malaikatNya. Ada sebagian berpendapat bahwa sholat shubuh itu disaksikan oleh para malaikat malam dan malaikat siang.

sebelum ruku’ beliau Rosulullah sholallahu ‘alaihi wasalam berhenti sejenak sekedar untuk mengatur nafas, kemudian setelah itu beliau Rosulullah sholallahu ‘alaihi wasalam melakukan ruku’.



[1]  Disunahkan membaca”amin” bersamaan dengan imam. Abu Hurairah rodhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rosulullah sholallahu ‘alaihi wasalam bersabda, ”Jika imam membaca “ghoiril maghdubi ‘alaihim waladh dhoolliin”, maka bacalah “amin”. Jika ucapannya bersamaan dengan ucapan para malaikat, dosa-dosa yang telah lalu pasti diampuni” (HR. Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar