1. Kasus satu
Berikut ini disajikan data penelitian tentang pengaruh motivasi belajar mahasiswa
terhadap prestasi belajarnya :
MOTIVASI BELAJAR
|
PRESTASI BELAJAR
|
58
|
3,524
|
45
|
2,8
|
54
|
3,41
|
48
|
3,25
|
61
|
3,36
|
54
|
3,38
|
52
|
3,43
|
50
|
3,66
|
58
|
3,27
|
60
|
3,3
|
48
|
3,19
|
62
|
3,33
|
44
|
3,16
|
56
|
3,4
|
53
|
3,16
|
61
|
3,38
|
63
|
3,2
|
46
|
3,09
|
57
|
3,31
|
49
|
3,34
|
55
|
3,39
|
48
|
3,11
|
58
|
3,12
|
52
|
3,35
|
60
|
3,45
|
54
|
3,15
|
Pertanyaan : Apakah ada korelasi yang positif antara
motivasi belajar dengan prestasi belajar
mahasiswa.
a. Ujilah menggunakan analisis korelasi product moment apakah ada korelasi yang positif antara
motivasi belajar dengan prestasi belajar? (gunakan taraf signifikan 5 %)
b. Jelaskan
langkah-langkah secara berurutan dan benar
dalam menganalisis soal tersebut.
c.
Uji
Korelasi Product Moment
a.
Output
Correlations
Descriptive Statistics
|
||||||
Mean
|
Std. Deviation
|
N
|
||||
Motivasi Belajar
|
54.08
|
5.585
|
26
|
|||
Prestasi
Belajar
|
3.2890
|
.16941
|
26
|
|||
Correlations
|
||||||
Motivasi
Belajar
|
Prestasi
Belajar
|
|||||
Motivasi Belajar
|
Pearson
Correlation
|
1
|
.399*
|
|||
Sig. (2-tailed)
|
.043
|
|||||
Sum of Squares and
Cross-products
|
779.846
|
9.438
|
||||
Covariance
|
31.194
|
.378
|
||||
N
|
26
|
26
|
||||
Prestasi Belajar
|
Pearson
Correlation
|
.399*
|
1
|
|||
Sig. (2-tailed)
|
.043
|
|||||
Sum of Squares and
Cross-products
|
9.438
|
.718
|
||||
Covariance
|
.378
|
.029
|
||||
N
|
26
|
26
|
||||
*. Correlation is significant at the 0.05
level (2-tailed).
|
||||||
Dari output data
tersebut disimpulkan adanya korelasi signifikan pada taraf 5%.
-
Pada
Sig. (2-tailed)
memiliki nilai 0.043,
berarti
jika menggunakan taraf signifikansi 5%, maka korelasi signifikan jika nilai
Sig(2-tailed) lebih kecil dari 0,05. dan tidak signifikan jika lebih dari 0,05.
Dari hasil out put karena 0.043
< 0.05 maka kesimpulannya ada korelasi yang
signifikan yang positis antara
motivasi belajar dengan prestasi belajar. Artinya
semakin tinggi motivasi semakin tinggi pula prestasi.
-
Koefisien korelasi dibandingkan dengan r tabel. Pada level 5 % dari
data table tersebut diperoleh
data korelasi kedua variabel tersebut sebesar 0.399. Apabila nilai korelasi > r table maka adanya korelasi yang
signifikan. Nilai r tabel adalah 0.374,
karena 0.399 > 0.374 maka ada hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi
belajar dengan nilai koefisien korelasinya sebesar 0.399.\
Tidak ada komentar:
Posting Komentar