Selasa, 29 April 2014

Contoh Statistik Product Moment


1.      Kasus  satu
 Berikut ini disajikan data penelitian  tentang pengaruh motivasi belajar mahasiswa terhadap prestasi belajarnya :
MOTIVASI BELAJAR
PRESTASI BELAJAR
58
3,524
45
2,8
54
3,41
48
3,25
61
3,36
54
3,38
52
3,43
50
3,66
58
3,27
60
3,3
48
3,19
62
3,33
44
3,16
56
3,4
53
3,16
61
3,38
63
3,2
46
3,09
57
3,31
49
3,34
55
3,39
48
3,11
58
3,12
52
3,35
60
3,45
54
3,15

Pertanyaan  : Apakah ada korelasi yang positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar  mahasiswa.
a.       Ujilah  menggunakan analisis korelasi product moment   apakah ada korelasi yang positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar? (gunakan taraf signifikan 5 %)
b.      Jelaskan langkah-langkah secara berurutan dan benar  dalam menganalisis soal tersebut.
c.   
Jawab
Uji Korelasi Product Moment
a.      Output Correlations

Descriptive Statistics


Mean
Std. Deviation
N

Motivasi Belajar
54.08
5.585
26

Prestasi Belajar
3.2890
.16941
26


Correlations


Motivasi Belajar
Prestasi Belajar
Motivasi Belajar
Pearson Correlation
1
.399*
Sig. (2-tailed)

.043
Sum of Squares and Cross-products
779.846
9.438
Covariance
31.194
.378
N
26
26
Prestasi Belajar
Pearson Correlation
.399*
1
Sig. (2-tailed)
.043

Sum of Squares and Cross-products
9.438
.718
Covariance
.378
.029
N
26
26
*. Correlation is significant at the 0.05 level (2-tailed).








Dari output data tersebut disimpulkan adanya korelasi signifikan pada taraf 5%.
-          Pada Sig. (2-tailed)  memiliki nilai 0.043, berarti jika menggunakan taraf signifikansi 5%, maka korelasi signifikan jika nilai Sig(2-tailed) lebih kecil dari 0,05. dan tidak signifikan jika lebih dari 0,05. Dari hasil out put karena 0.043 < 0.05 maka kesimpulannya ada korelasi yang signifikan yang positis antara motivasi belajar dengan prestasi belajar. Artinya semakin tinggi motivasi semakin tinggi pula prestasi.
-          Koefisien korelasi dibandingkan dengan r tabel. Pada level 5 % dari data table tersebut diperoleh data korelasi kedua variabel tersebut sebesar 0.399. Apabila nilai korelasi  > r table maka adanya korelasi yang signifikan. Nilai r tabel adalah 0.374, karena 0.399 > 0.374 maka ada hubungan signifikan  antara motivasi belajar dengan prestasi belajar dengan nilai koefisien korelasinya sebesar 0.399.\

Tidak ada komentar:

Posting Komentar