Jumat, 09 Mei 2014

Makhluk Hidup dan Persebarannya




            Bumi merupakan planet yang di dalamnya hidup makhluk hidup yang tak terhitung jumlahnya. Dari yang besar sampai dengan yang terkecil dan yang tak nampak oleh kasat mata. Mulai dari yang hidup di perairan, daratan, pepohonan dan masih banyak lagi.  Bila diamati terdapat makhluk hidup yang memiliki struktur tubuh yang sama/mirip, da nada pula yang memiliki struktur tubuh yang berbeda. Dari keanekaragaman tersebut maka dapat disimpulkan bahwa makhluk hidup yang hidup di permukaan bumu terdapat keanekaragaman dalam keseragaman, dan dalam keseragaman terdapat keanekaragaman.
            Perlu dipahami
bahwa, keanekaragaman tidak hanya terbatas pada struktur tubuh (marfologis, anatomis), namun juga meliputi fungsi (metabolism, perilaku, cara hidup, dll).

Persebaran Makhluk Hidup di Bumi
            Ilmu yang mempelajari persebaran makhluk hidup di bumi deisebut biogeografi. Bumi meemiliki ruang hidup yang beranekaragam yang ditentukan oleh factor tanah, iklim.  Menurut W, Sclater dan Alfred Wallace, membagi tipe fauna dan flora, yaitu sebagai berikut:
1.      Nearktik di benua Amerika sampai ke benua Artik.
2.      Neotropikal membentang benua Amerika dari arah selatan sampai ujung selatan benua Amerika.
3.      Etiopia, di Afrika sampai ujung selatan benua Afrika dan Madagaskar.
4.      Paleartik meliputi sebagian kesil Afrika Selatan, seluruh Eropa dan sebagia besar Asia yang berada di utara.
5.      Oriental meliputi Asia Timur sampai Indonesia (kecuali Papua).
6.      Australia meliputi benua Australia dan Papua.
7.      Laut dalam, persebarannya luas dan bebas pada kedalaman lebih dari 1.000 meter.
Persebaran dan distribusi makhluk hidup dipengaruhi oleh factor fisik dan factor biotik. Factor biotik yaitu interaksi biotik  yang merupakan interaksi interspesifik (antar jenis) makhluk hidup, yaitu kompetisi predasi (mangsa) dan mutualisme.

Persebaran Tumbuhan di Dunia.
Tempat makhluk hidup yang asli di alam di sebut habitat misalnya habitat air yaitu akuatik dan habitat darat. Habitat terbagi dari beberapa bioma. Bioma adalah sekelompok hewan dan tumbuhan yang tinggal di suatu lokasi geografis tertentu. Bioma terbagi menjadi beberapa jenis, ditentukan oleh curah hujan dan intensitas cahaya mataharinya. Berikut ini adalah pembagian bioma:
1.      Bioma gurun dan setengah gurun, terdapat di daerah tropic dengan curah hujan rendah yaitu 25 cm/tahun. Jenis flora pada bioma ini adalah tumbuhan semusim yang berukuran kecil.
2.      Bioma padang rumput, terdapat di daerah tropika sampai sub tropika yang beriklim sedang.
3.      Bioma hutan tropis, bioma ini tersebar di Amerika Selatan, Afrika, dan Asia Tenggar dengan hujan yang turun hamper tiap tahun.
4.      Bioma hutan gugur, terdapat di daerah dengan iklim sedang dengan 4 musim seperti wilayah Amerika Serikat, Eropa Barat, Asia Timur, dan pegunungan Amerika Serikat.
5.      Bioma hutan taiga, terdapat di belahan bumi bagian utara yang berbatasan dengan kutub utara. Biasanya hanya terdiri dari satu jenis spesies pohon saja.
6.      Bioma tundra, terdapat di belahan bumi utara. Berdasarkan vegetasi ini ekosistem tundra sering sisebut dengan padang lumut.
7.      Bioma sabana
8.      Bioma hutan bakau (mangroul), hutan bakau atau mangrove banyak ditemukan di pantai yang egara di daerah tropis dan egaraics. Hutan bakau di Indonesia terdaat di sepanjang panati egar Sumatera, panatai barat dan selatan Kalimantan, spanjang pantai Papaua, pantai utara jawa, pantai selatan jawa (segara anakan, Cilacap).
9.      Bioma hutan lumut, Hutan lumut banyak ditemukan di lereng gunung atau pegunungan yang terletak pada ketinggian di atas batas kondensasi uap air. Disebut hutan lumut karena vegetasi yang dominan adalah tumbuhan lumut. Lumut yang tumbuh tidak hanya di permakean tanah dan bebatuan, tetapi mereka pun menutupi batang-batang pohon berkayu.
10.  Bioma Hutan Musim, dapat disebut sebagai suatu bioma berupa hutan yang biasa ditemukan di wilayah tropika dan subtropika atau iklim monsoon (kemarau dan hujan) dengan macam tumbuhan sejenis. Tumbuhan yang biasanya memenuhi hutan musim adalah pohon-pohon yang tahan dari kekeringan dan termasuk tumbuhan tropofit yang berarti mampu beradaptasi terhadap keadaan kering dan juga keadaan basah.

Persebaran Hewan di dunia dan Indonesia.
            Persebaran hewan di muka bumi didasarkan oleh factor fisiografik, klimatik, dan biotik. Hanya sedikit hewan yang mampu hidup secara kosmopolit. Contoh hewan kosmopolit yaitu: katak, hewan pengerat, ular. Pada tahun 1876 Alfred R. Wallace membagi 8 wilayah persebaran fauna, yaitu:
1.      Wilayah Ethiopian
2.      Wilayah Paleartik
3.      Wilayah Nearktik
4.      Wlayah Neotropikal
5.      Wilayah Oriental
6.      Wilayah Australian
7.      Wilayah Oceanik
8.      Wilayah Antartik

Flora Malesenia.
            Wilayah tropis dikenal dengan keanekaragaman yang tinggi dibandingkan tempat lain di permukaan bumi. Daerah Asia Tenggara merupakan daerah yng memiliki keanekaragaman yang tinggi dan wilayah ini biasa dikenal dengan wilayah malesenia. Pada wilayah Malesenia terdapat jenis tumbuhan yang khas. Hal ini karena adanya  sawar berupa lautan dan pegunungan yang menyebabkan penyebaran tumbuhan tidak merata keseluruh kawasan. Salah satu contoh adalah bunga Rafflesia yang hanya tersebar di jawa dan Sumatra. Indonesia merupakan Negara yang mempunyai keanekaragaman hayati paling tinggi di banding negara tropis lainnya. Diperkirakan terdapat 25.000 spesies tumbuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar