Rabu, 21 Mei 2014

IPTEK BAGI KEHIDUPAN MANUSIA



ILMU PENGETAHUAN ALAM
Konsep ilmu pengetahuan alam sebagai dasar pengembangan teknologi berawal dari sebuah keingintahuan mengenai sesuatu yang belum diketahui oleh manusia. Keingintahuan tersebut mendorong seseorang untuk mencari prinsip atau teori yang diperoleh melalui percobaan. Pengkajian ini bertujuan untuk memenuhi penjelasan dari objek ( benda dan energi ) dan peristiwa alam. Para ilmuwan menempatkan ilmu pengetahuan alam dasar sebagai ilmu dasar bagi ilmu terapan dan teknologi. Teknologi dapat dibentuk dari pengetahuan alam dasar karena ilmu pengetahuan alam dasar ini berperan dalam mengendalikan teknologi melalui prinsip dan teorinya. Ilmu pengetahuan alam dasar dan pengendalian alam dari ilmu pengetahuan alam terapan digunakan teknologi untuk menyusun objek-objek, membuat kontruksi alam dan membuat alat untuk mengendalikan cara alam bekerja. Ilmu pengetahuan alam sebagai dasar pengembangan teknologi saat ini berkembang pesat. Misalnya saja dalam peningkatan kesehatan, penyediaan energi, dan perkembangan industri.   


SEJARAH PERADABAN MANUSIA DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
Peradaban manusia di zaman modern ditandai dengan kemajuan pesat ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang terjadi diberbagai segi kebutuhan hidup manusia. Akibatnya mengkejutkan kehidupan sosial, budaya dan peradaban manusianya. Pada dasarnya ilmu pengetahuan (science) merupakan upaya manusia dalam menjelaskan secara sistematis dan teroganisir dari hasil pengamatan terhadap fenomena-fenomena alam. Sedangkan teknologi merupakan upaya sistematis dalam penerapan ilmu pengetahuan untuk mempermudah pemenuhan hajat kebutuhan hidup manusia.
Teknologi berasal dari bahasa Barat/Yunani, yaitu “technology”, yaitu penerapan atau implementasi dari ilmu pengetahuan dan rekayasa untuk tujuan tertentu. Tujuan tertentu ini antara lain untuk pemecahan suatu masalah (problem solving), untuk menghasilkan suatu produk, dan sebagainya.


MANFAAT DAN DAMPAK IPA, TEKNOLOGI BAGI KEHIDUPAN SOSIAL
A. Dampak Positif
-          Sebagai media komunikasi social. Dalam kemajuan IPTEK pada bidang internet dan telpon maka manusia bisa membangun hubungan dengan siapapun dan dimanapun meskipun dibatasi jarak. Sehingga kebutuhan manusia dapat terpenuhi.
-          Sebagai lahan informasi. Selain kebutuhan komunikasi manusia juga membutuhkan informasi untuk menambah wawasan. Melalui Iptek manusia bisa memperoleh segala macam informasi baik itu melalui media cetak, ataupun elektronik.
-          Kemudahan transaksi atau bisnis.
B.     Dampak Negatif
-          Penyalahgunaan IPTEK oleh kalangan tertentu, misalnya pelajar, perampok, dll.
-          Penipuan.
-          Kecanduan, salah satu contohnya misalnya kecanduan games online
Dampak positif dan negative dari IPTEK dapat berpengaruh dalam bernagai bidang, yaitubidang pendidikan, informasi dan komunikasi, ekonomi dan industry, social dan budaya, serta politik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar